Senin, 16 April 2012

Memilih Pisang Kepok Yang Baik.

Pisang dari famili pisang-pisangan (Musaceae) banyak macamnya dan sangat familiar oleh kita yang enak dimakan baik sebelum diolah maupun sesudah diolah,  salah satunya adalah Pisang Kepok atau lebih dikenal Pisang Sanggar.
Pisang Kepok (Musa paradisiaca) ada 2 jenis yaitu :
- Pisang Kepok Putih yang bentuknya lebih kecil dan kulitnya tipis, isinya empuk namun rasa kurang enak.
- Pisang Kepok Kuning (atau biasa disebut Merah) bentuknya lebih besar dengan kulit lebih tebal, isi lebih padat dan rasanya lebih enak sehingga harganya juga lebih mahal dari  Kepok Putih. Biasanya banyak diolah sebagai Pisang Goreng.
Kandungan Nutrisi Pisang setiap bulirnya : - 11 mg Kalsium - m35 mg Fosfor - 1 mg zat besi - 503 mg Potassium - 260 IU vitamin A - 1 mg Niasin dan 14 mg vitamin C.
Khrom  yang terkandung dalam pisang bersama Insulin berfungsi dalam metabolisme Karbohidrat yang memfasilitasi masuknya Glucosa kedalam sel-sel tubuh sehingga kekurangan khrom dapat  menyebabkan terjadinya gangguan toleransi Glucosa.
Khrom juga berfungsi dalam metabolisme  Lipid (lemak tubuh).
Pisang juga kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan.
- Ciri Pisang Kepok yang baik :
   +bentuk padat, besar dan bila dingkat lebih berat dibanding Pisang Kepok Putih.
   + Kulit pisang terlihat berbintik-bintik  hitam kecil (tidak perlu penuh)
- Supaya pisang tidak terlalu cepat matang dan lebih tahan lama, pisang dibungkus plastik lalu disimpan dalam Lemari Es.
-Dewasa ini pedagang pisang banyak melakukan PENYEMPROTAN memakai zat kimia untuk mempercepat masaknya buah pisang. (dahulu di PERAM). Untuk membedakan pisang di SEMPROT dengan pisang masak dipohon (matang dipohon) adalah :
- Pisang matang disemprot warnanya kuning merata dalam satu sisir.
- Pisang matang dipohon warna kuningnya tudak merata (sebahagian KUNING sebahagian lainnya masih mentah atau berwarna hijau).


Posting Komentar