Selasa, 06 Maret 2012

KAPAN WAKTU YANG TEPAT MEMBIMBING ORANG SAKRATULMAUT?

Menghadapi  keluarga   kita  tercintai  dan  kita  hormati  yang sedang  terbaring di Rumah Sakit terlebih di Ruang ICU dalam keadaan kritis antara hidup dan mati (sakratulmaut) dikelilingi peralatan medis serta dijaga oleh perawat  secara  intensif,  membuat  kita  ikut  merasakan  dan terhanyut  dalam penderitaan yang sedang dialaminya.
Bagi kita ummat  Muslim  disaat  detik-detik  hilangnya nafas/nyawa seseorang sangat menentukan apakah kematian seseorang itu termausk kematian yang Husnul Khotimah  (akhir hidup  yang baik/indah)  atau tidak baik (Su'ul khotimah).
Kematian yang Husnul Khotimah menjadi dambaan setiap muslim/muslimah, karena sesuai hadis Nabi Muhammad S.a.w yang  diriwayatkan oleh Mu'az bin Jabal r.a :
Rasulullah S.a.w bersabda : " Barang siapa ucapan terakhirnya : La ilaha illallah, maka dia masuk Sorga "
(HR Abu Daud & Al Hakim).
Seseorang tidak mungkin mengetahui kapan kehidupannya akan berakhir, namun bagi orang yang dalam kondisi kritis di Ruang ICU bisa diketahui lewat monitor Cardiograaf. antara lain :
- keadaan Tekanan Darah : apabila masih diatas 100 maka belum menghawatirkan, namun bila tekanan darahnya DROP dibawah 100 dan semakin menurun terus maka keluarga yang menunggu segera membimbing pasien untuk mengucapkan kalimat Toyibah diakhir hidupnya yaitu La ilaha illallah

Tidak ada komentar: