Jumat, 09 Maret 2012

Jangan pernah REMEHkan TEMPE

Penyakit Jantung Koroner merupakan penyebab kematian tertinggi dan seringkali menyebabkan kematian mendadak tanpa didahului gejala. Banyak orang yang menderita penyakit ini. Waspada!!! mungkin anda salah satunya apabila anda termasuk Faktor Resiko seperti : Perokok, Hiperthensi, penderita Diabet, Kegemukan, Hiperkolesterol dan kurang olah raga serta anda seorang laki-laki yang berumur diatas 40 tahun dan  mempunyai riwayat penyakit jantung dalam keluarganya.
Banyak cara terhindar dari penyakit ini seperti :  mengendalikan faktor2 resiko diatas. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dan rendah kolesterol diantaranya adalah makanan rakyat yang bernama TEMPE.
TEMPE memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti :  protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak tak jenuh serta serat yang tinggi yang dapat menekan/mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Tempe juga mengandung niasin dan kalsium serta enzim serta  isoplavon yaitu daidzein, glisitein dan genistein.
Di Amerika, kini TEMPE digemari dan telah diteliti di Universitas North Carolina dan ditemukan bahwa genestein dan phytoestrogen yang terkandung  dalam tempe dapat  mencegah Kanker Prostat, Kanker Payudara serta mencegah penuaan dini.
Manfaat TEMPE bagi Kesehatan adalah :
- Hipokolesterolemik yang menurunkan lipid atau lemak dalam darah (kadar kolesterol) sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit Jantung Koroner dan tekanan darah tinggi (hiperthensi).
- mencegah  osteoprosis dan mencegah penuaan dini.
- memiliki sifat anti oksidan dan menolak kanker.
- penanggulangan anemia
- sumber antibiotik zat anti bacteri yang memperkecil peluang infeksi.
Mengkonsumsi TEMPE tidak akan menjadikan anda bermental tempe, tetapi akan menjadikan anda pribadi yang sehat dan kuat.

Tidak ada komentar: