Jumat, 26 April 2013

Cara mudah bersihkan RADIATOR

Salah satu komponen mobil yang penting untuk menjaga kestabilan panas mesin adalah  RADIATOR sehingga pemilik mobil harus memperhatikan komponen ini agar tidak menyusahkan dijalan seperti kurang air  yang terparah adalah BOCOR dan paling sering terjadi adalah BUNTU. 
Hal ini diakibatkan oleh pemakaian air ledeng atau air yang kadar besi dan zat kapur-nya tinggi sehingga terjadi endapan  yang mengakibatkan kebuntuan saluran air radiator.
Umumnya pemilik kendaraan yang tidak rajin membersihkan atau mencermati kondisi mobilnya baru mengetahui setelah angka  temperatur panas-nya (odometer) tinggi atau sudah terdengar suara seperti suling. (baca juga Tips : Waspadai bunyi-bunyi  aneh dari mobil anda)
Bila kondisi seperti ini terjadi tidak usah buru-buru ke servis radiator. Anda yang bukan montir pun dapat melakukannya seperti berikut :
1. Dalam kondisi radiator dingin, buka tutup radiator kemudian cari besi tipis yang panjang.
    Mobil saya kijang kapsul. saya ambil besi pengukur lalu saya bersihkan sisa  olinya kemudian                                       saya  cucukkan di mulut radiator pada lobang-lobang kecil kira-kira 4 lobang.
2. Setelah itu buang kira-kira satu liter air radiator melalui pipa pembuangan dibagian bawah        radiator.
3. Kemudian  isi radiator dengan cairan pembersih lantai satu sachet isi ulang (kira-kira 1 liter).
4. Hidupkan mesin mobil dengan tutup radiator dibuka saja dan akan terlihat air radiator yang     bergerak (mengalir). Biarkan mesin hidup 15 menit lalu matikan.
5. Buang seluruhnya air radiator melalui pipa pembuangan dibagian bawah radiator, bersama air     akan ikut karat-karat yang menyumbat radiator 
6. Setelah air habis, isi  dengan air isi ulang (air  suling atau air AC)  sampai radiator terisi penuh      dan kendaraan bisa   dipergunakan.
7. Akan lebih baik jika air radiator besok pagi diganti lagi dengan air  radiator coolant.
Dengan cara seperti ini, radiator  panasnya akan stabil dan tidak perlu dibongkar apalagi ganti radiator baru.
Poskan Komentar