Selasa, 08 Januari 2013

Cara jitu menjaga kesehatan GINJAL


Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Senin, 07 Januari 2013 | 0 komentar

Salah  satu  ORGAN  tubuh yang vital  bagi  kesehatan adalah  GINJAL  yang  berfungsi  membuang  zat-zat  yang  tidak  dibutuhkan  lagi  oleh  tubuh  sekaligus  juga  menyaring  agar  zat  yang  masih  dibutuhkan  tidak  ikut  terbuang.
Apabila  GINJAL  seseorang  sakit  atau  rusak  bahkan  tidak  lagi  berfungsi  sebagaimana  mestinya,  akan menyebabkan  seseorang  mengalami  penyakit  yang SERIUS  yang  bahkan  menyebabkan  kematian  karena  keracunan  darah.
Oleh  sebab itu  maka kita  wajib  menjaga  kesehatan  GINJAL  kita  agar  kita  dapat  hidup  dengan  kesehatan  yang  prima  sebagaimana  TIPS  berikut  dibawah  ini   :

Menjaga Kesehatan Ginjal - Tips/cara menjaga/merawat kesehatan organ ginjal/agar ginjal selalu/tetap sehat - Aktivitas sehari-hari manusia di jaman sekarang cukup sibuk. Banyak orang yang mengabaikan hal-hal kecil karena kesibukan mereka. Salah satu organ tubuh manusia yang penting untuk dijaga adalah ginjal. Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih. 

Fungsi utama sistem organ yang kompleks ini adalah membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah. Ginjal juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin, yaitu menghasilkan hormon yang penting bagi pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah, serta pembentukan tulang. Untuk menjaga agar ginjal selalu sehat, berikut ini saya akan memberikan tips-tipsnya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.



1. Atur pola makan
Pilih padi-padian, buah, dan sayuran organik. Hindari makanan olahan, batasi garam, ganti daging penuh lemak dengan ikan atau daging putih tanpa lemak.
2. Jaga Pencernaan
Tambahkan konsumsi probiotik, prebiotik, dan makanan kaya serat. Cara ini juga baik untuk mengurangi efek buruk pestisida yang ada pada makanan.
3. Berhenti Merokok
Hasil studi yang dipublikasikan oleh American Physiological Society pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor utama yang menyebabkan gangguan ginjal.
4. Hindari Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, salah satu masalah yang bisa berujung pada gangguan ginjal. Juga membuat orang sering berkemih sehingga berisiko mengalami dehidrasi.
5. Banyak Minum Air Putih Dan Rajin Berolahraga
Minum air sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari. Jangan malas berolahraga. Jalan kaki 4-5 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kesehatan detak jantung, yang juga baik untuk ginjal A.

Demikian tips-tips mengenai cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa saya berikan. Semoga artikel bermanfaat untuk semua..


  2
Bagikan artikel ini ! :
Ditulis oleh: Mas Riian di 12:34

Tidak ada komentar: