Jumat, 08 Juni 2012

Chlosterol Anda Tinggi??? Ini mungkin solusinya

Klosterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan beberapa HORMON tubuh, namun apabila kadar Klosterol DIATAS Normal, ini tidak baik untuk Kesehatan JANTUNG.
Pada orang usia muda, tubuhnya akan dengan mudah mengendalikan klosterol, namun pada orang usia lanjut (diatas usia 40  tahun) kelebihan kolesterol akan sangat mengganggu kesehatan tubuh khususnya  kesehatan JANTUNG yang bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah (Hypertensie), penyakit Jantung Coroner, STROKE dan bahkan KEMATIAN.
Obat penurun kolesterol yang sering diresepkan DOKTER adalah simvastatin, vaster, pravachol kurang menggembirakan apalagi si PATIENT tidak disiplin dalam menghindari makanan berlemak yang menjadi sumber utama pembentukan kolesterol.
Saya termasuk  salah seorang yang mempunyai kadar koleterol yang tinggi yang pada pemeriksaan bulan April 2012 kadar kolesterol total 235 mg/dl dan oleh dokter diberi obat simvastatin 10 mg selama 1 bulan yang dimakan pada malam hari.
Disamping makan obat, saya juga melakukan DIET Pantang LEMAK dimana pada pagi hari  jam 06.00  sarapan 2 biji pisang kepok dan pada jam 10.00 makan 2 biji lagi pisang rebus dan pada jam 13.00 makan nasi + lauk pauk dan ikan.
Pada sore hari jam 17.00 makan pisang rebus  2 biji dan pada malam hari tidak makan nasi tetapi makan pisang rebus 4 - 5 biji.
Hasil pada pemeriksaan Laboratorium RSU Tgl 25 Mei 2012 sebagai berikut :
Trigeliserid                        139 mg/dl         Nilai Normal       60 - 150 mg/dl                 Normal
Kolestearirol Total             113 mg/dl         Nilai Normal    140 - 220 mg/dl                 Low
HDL                                   30 mg/dl         Nilai Normal       30 -   80 mg/dl                Normal
LDL                                    55 mg/dl         Nilai Normal       65 - 175 mg/dl                Low
Hal ini diluar dugaan dan sejujurnya  mengejutkan saya karena selama ini saya mengkonsumsi obat simvastatin hasil penurunan kadar kolesterol total paling banayk 30 mg/dl namun dengan cara penambahan diet pisang rebus ini hasil penurunan kadar kolesterol mencapai  122 mg/dl sedang  kadar LDL mencapai nilai dibawah normal yang sebelumnya mencapai nilai 150 mg/dl.
Saya berfikir mungkin terjadi kekeliruan dalam proses pemeriksaan di Laboratorium; apakah darah saya tertukar dengan milik  pasien yang lain ataukah hasilnya yang tertukar.  Maka setelah 3 hari kemudian saya mengambil inisiatip  untuk mencari pembanding pada laboratorium swasta yang hasilnya sebagai berikut :
Trigeliserid                            97 mg/dl        Nilai Normal    < 200 mg/dl                 Normal
Kolestearirol Total              139 mg/dl        Nilai Normal     <200 mg/dl                 Normal
HDL                                    43 mg/dl         Nilai Normal     >  50 mg/dl                 Low
LDL                                     77 mg/dl        Nilai Normal     < 130 mg/dl                Normal
Kesimpulan sementara : kombinasi  obat simvastatin  dengan diet tanpa lemak ditambah konsumsi pisang
                                     rebus, menurunkan kadar kolesterol yang signifikan.
Bagi Anda dengan kadar kolesterol diatas Normal dan sulit menurunkannya, saya sarankan untuk mencoba cara saya ini dan apabila memperoleh hasil penurunan  yang signifikan, Mohon dapat di Informasikan melalui format Komentar untuk menjadi RUJUKAN bagi Saudara kita yang ingin menurunkan kadar kolesterolnya kedalam batasan NORMAL.
Pemilihan diet dengan pisang kepok karena  mengandung khrom yang membantu dalam metabolisme lemak dan karbihidrat. (lihat tips : memilih  pisang kepok yang baik). Disamping Chrom, pisang juga mengandung Kalium sekitar 500 mg yang  merupakan 1/7 dari kebutuhan Kalium yang dibutuhkan tubuh. Hasil peneltian di Inggris menyebutkan bahwa Kalium dapat membantu menurunkan Tekanan Darah dan menurunkan risiko Stroke.

Tidak ada komentar: